Selasa, 05 Agustus 2008

Tentang Library di Codeigniter ... cieh!

Sudah hampir kira-kira setaunan lah saya bermain-main dengan CodeIgniter, sebuah framework yang lightweight, simple, (masukan kata-kata marketing tentang sebuah framework yang membuai disini). Tapi alasan sebenernya kenapa sebegitu betahnya saya menggunakan CI adalah karena saya tidak merasa harus mengikuti banyak peraturan. Codeigniter membuat PHP menjadi lebih menyenangkan, padahal PHP sendiri sudah cukup menyenangkan. Tapi mohon diingat, itu cuman opini pribadi semata loh ya...

Ada beberapa library maupun helper yang selalu saya gunakan ketika bermain main dengan CI ini. Katakan saja sebuah library brilian Form generator. Sebelumnya harap dimengerti bahwa saya terbiasa bermain CI sendirian, ga ada seorang web designer yang membantu membuatkan form-form dan tampilan layout, paling banter ya cuman seorang teman yang membuat kerangka desain awal yang pada akhirnya harus saya utak atik juga. Akibatnya, sebisa mungkin saya bermain2 di area model-controller, tapi seminimal mungkin bermain-main di area view-nya.

Selain Form generator, saya juga terbiasa menggunakan Matchbox, namun belakangan saya mulai mengurangi penggunaan matchbox. Saya belum pernah menggunakan Modular Extension tapi kayaknya is worth to try la...

Untuk masalah database, saya mencoba untuk selalu menggunakan active record dan menghindari membuat query sendiri. Alasannya karena bisa jadi ketika pindah database, saya nda perlu lagi ngecek atu atu query. Lagian CI udah nyiapin hampir semuanya.

Library Table bawaanya CI juga ngebantu banget, terlepas tentang mendingan make DIV-DIV-an ketimbang table-table-an. Generate table di controller,simpan ke variable, dan lempar langsung ke view kita.
"Lah kan kalo begitu tampilannya buruk win?"
Ya kan ada css, entar diakalin di css aja... hehehehe

DOH! kpanjangan..,

Sebagai penutup dari entri ga jelas ini, sekali lagi saya mengingatkan bahwa semua yang ditulis diatas adalah opini, kebiasaan dan unek-unek pribadi. Saya juga masih belajar, mangkanya saya berharap bisa berdiskusi tentang hal-hal diatas. Enjoy your day...

over and out....

Tidak ada komentar: